Saturday, August 30, 2008

Foto Eksperimen Pantulan Kaca

Sebetulnya untuk foto eksperimen yang aku lakukan ga begitu susah sih, soalnya still life banget. Ga pake cemplung-cemplungan atau basah-basahan. Menjawab pertanyaan temen-temen kenapa backgroundnya bisa item, aku rasa karena memang ruangannya sedang gelap. Sementara cahaya yang datang itu redup, sehingga hanya memantul ke orange itu sendiri.

Untuk memberikan temen-temen ide untuk bereksperimen still life serupa, ini aku upload settingnya.


Nah, sederhana aja kan? Cuma kaca dan reflector di sebelah kanan untuk menyeimbangkan pantulan cahaya dari sebelah kiri. Untuk menyerupai keadaan sedang gelap foto yang sebelumnya, aku tutup sedikit gorden di sebelah kiri itu, sekedar 'ngintip' gitu. Hasilnya begini nih:

Orangenya metik lagi, tapi tangkainya rada lebih bengkok dari yang sebelumnya. Gpp, yang penting kan udah dapet gambaran. Trus, kok bisa jadi gelap ya? Naaaaaaaah, kan karena cahayanya cuma 'ngintip' doang dari sebelah kiri itu. Pokoknya bisa-bisa temen2 deh gimana caranya supaya cahayanya cuma mantul ke orange itu sendiri. Yang di atas itu fodnya dapet di pantulan cerminnya, bukan di original orange-nya.

Ini data EXIFnya:

Camera: Canon EOS 400D
Lensa: EF S 50mm f/1.4 USM
Resolusi: 3888 x 2592
Flash: not used
Focal length: 50.0mm
Exposure: 1/100
Aperture: f/2.0
ISO: 200

Kalo yang ini:


aku coba ambil dari atas dengan dof berada di orange itu sendiri. Kalo yang ini datanya selain yang lain2 sama dengan yang di atas hanya saja exposure time-nya f/125 sementara aperturenya nutup di f/2.5. Sebetulnya kalo pake lensa standard aja bisa, pake 18-55mm-ku itu bisa kok.

Yang orange splash di bawah ini aku pake lensa standard dengan EXIF data sbb:


Camera tetep sama cuma lensanya pake 18-55mm aja, ISO tetep 200, sementara focal length 28.omm dan aperture nutup di f/4.0 dengan exposure shutter priority (ada fasilitas TV untuk merekam benda2 yang bergerak cepat, seperti ini). Bakcgroundnya juga masih kaca.

Semoga bermanfaat!





No comments: