Friday, May 16, 2008

Home Photography #2: Property



Dita sedang menyelenggarakan Home Photography event yang kedua dengan judul Property. Ngomongin soal props untuk food photo aku sama sekali hanya menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Sewaktu-waktu memang ada keinginan untuk menambah props tapi aku termasuk selektif dalam hal ini, juga masih memikirkan kegunaannya dalam jangka panjang. Ada juga sih beberapa barang yang tidak klop satu sama lainnya. Janggal lihatnya, jadi harus hunting lagi untuk mengkombinasikannya dengan satu set.


Property menurutku termasuk salah satu elemen fotografi yang perlu dimiliki oleh seorang fotografer, tapi tidak selalu mutlak harus mahal. Seperti juga style, koleksi property bisa beraneka warna, bisa jadi natural, tergantung selera dan juga kebutuhan si fotografer itu sendiri. Aku secara pribadi lebih suka dengan warna-warna yang natural dan merasa lebih nyaman dengan warna-warna tanah. Alasan utamanya adalah aku tidak pandai memadukan warna :) Seperti features di atas, semua dapat ditemui di meja makan, kalau saudara2 bertamu, jangan kaget kalo merasa pernah lihat hehehe...

Aku paling suka dengan benda-benda hasil karya kangmas. Di foto ketiga (photo ke 2) itu semua hasil karya kangmas.

Foto di bawah ini dengan mutiara sagu, wadah yang berbentuk perahu itu sesungguhnya aku memanfaatkan chopstick stand, wadah untuk memangku chopsticks. Ini juga bisa jadi wadah yang bagus toh?

tapioca pearls #2

However, koleksi yang natural tidak berarti membuat foto tidak cantik. Beberapa foto di bawah semua memakai warna-warna natural.


chicken marinade

lumpang #1

Intinya sih: gunakan semaksimal mungkin barang2 yang ada di sekitarmu. Tidak perlu memaksakan diri membeli props hanya supaya kelihatan classy.

Selamat berkarya!


3 comments:

Zita said...

Wah..enak ya..punya kangmas yg rajin bikin2 "property", not only beautiful but made with "love" as well :)

mae said...

propnya cantik2 mbak. Natural dan klasik :)

Anonymous said...

Halo, salam kenal..
Benar2 senang bukan main menemukan blog ini. Memotivasi saya juga nih..