Saturday, April 26, 2008

Kamera Saku Ga Bisa Bikin Foto Bagus? Dooohhhh!!

Khusus untuk Lia. Sekalian buat temen-temen yang ngakunya kalo pake kamera saku ga sebagus foto-foto yang dihasilkan lewat kamera DSLR. Memang barangkali untuk beberapa hal ada setting2 khusus yang DSLR lebih mumpuni daripada kamera saku, tapi kamera saku itu bisa kok dipake semaksimal mungkin. Tergantung dari kita sejauh mana menguasai setting di kamera tersebut lewat trial and error dan banyak praktek. Jugaaaaaaa ga malu buat bertanya sama yang udah profesional.

Dulu, aku selalu konsultasi sama bang Andi Lubis yang fotonya pernah dilelang di Amerika dan laku 5.000 US dolar! Tanyain deh sama bang Andi kalo aku termasuk orang yang cerewet tanya ini itu. Toh pada akhirnya kan dapat ilmu hehehe...

Aku ingat kata bang Andi kalo kita perlu menguasai dan tahu fungsi-fungsi setting di kamera masing-masing. Sama kayak ngerti fungsi-fungsi oven deh. Kalo ketinggian settingnya bakal cepat hangus, kalo kerendahan settingnya bakal luamaaaaaaaaa! Nah, gitu juga sama fungsi-fungsi di kamera. Kudu dikenali satu-satu, biar tahu which is which dan tahu yang mana untuk apa. Gitu. Buku Manual itu penting untuk dibaca sekalian dipraktekkin. Kan kalo terbentur, bisa baca-baca lagi. Juga artikel-artikel di internet banyaaaaak yang mengupas tentang kamera juga teknik-teknik memotret.

Kemaren itu aku janjian sama Lia untuk sama-sama memotret benda untuk mengetahui depth of field (DOF) memakai kamera saku. Lia baru aja beli Canon G9 dan aku pake kamera sakuku yang lama Canon PowerShot A520, jauuuuuhhh jadoel ketimbang G9-nya Lia.

Oke deh. Karena kacamataku sudah selesai dan aku punya waktu luang yang banyak di wiken panjang ini, sekalian lagi panen jamur, aku coba abadikan jamur memakai kamera saku dan Canon 400D-ku dengan lensa standard EF S 18-55mm saja.

Jamur memakai kamera saku

yang ini aku cuma aku touching up pake brightness-contrast saja dan menambah text.

yang ini aku tambahin sedikit hue 'red', brightness-contrast dan text


Jamur memakai SLR

yang ini sengaja aku ambil fokusnya di tengah, just for a change.
hanya ditambah text.

Aku ga punya lensa macro tetapi lensa standard aja bisa kok mencapai hasil DOF yang maksimal.

Oh ya, jangan lupa ya temen-temen kalo punya buku yang masih bagus dan layak untuk dilelang bisa difoto dan data-datanya diimelkan ke alamatku, untuk membantu anak-anak penderita kanker di YKAKI. Selengkapnya ada di sini.

Selamat Berkarya!!

4 comments:

e-one said...

Aku juga pake kamera saku kok bozz, pernah punya analog SLR sm DSLR sih, tapi dah dituker sm duit semua :D nice pict and nice post

Arfi Binsted said...

hehehe... sip deh!!

Caese said...

waah, secara aku yg emang kutu buku nih termasuk super pelit kalo musti minjemin ato malah ngerelain buku2ku ke orang lain... tapi kalo tujuannya seperti ini siih Insya Allah ikhlas... ntar deh mbak, sabar biar kucariin yg pantas buat dilelang. ga ada batas waktunya kaan??

Arfi Binsted said...

caese: batas waktu lelangnya sih same tgl 12 juli aja soalnya kita menggalang dananya hanya sampai hari anak2 nasional aja. makasih ya ditunggu partisipasinya!